Istilah : Fast Break

22.22

James Harden dengan leluasa mencetak poin tanpa pengawalan

Ketika menyaksikan pertandingan bola basket di televisi seringkali kita mendengar istilah fast break diucapkan oleh komentator. Fast break merupakan salah satu istilah yang paling umum dalam olahraga bola basket. Lantas apa yang dimaksud dengan fast break?

Fast break adalah strategi yang dilakukan oleh sebuah tim untuk membangun serangan kilat. Tujuannya adalah melakukan serangan ke pertahanan lawan tanpa penjagaan yang terorganisir dari lawan sehingga pemain lebih mudah mencetak poin.

Fast break biasanya terjadi ketika tim yang sedang bertahan berhasil merebut bola dari pihak lawan. Setelah bola terebut maka tim melakukan kerjasama untuk secepat mungkin memindahkan bola ke depan, baik dengan cara didribble maupun dioper. Dengan demikian tim tersebut dapat menyerang pertahanan lawan dengan lebih leluasa karena pihak lawan tidak punya cukup waktu untuk membangun pertahanan yang terorganisir. Dalam sepak bola istilah ini hampir mirip dengan quick counter attack. Tentu saja strategi ini melibatkan lebih dari satu orang pemain. Fast break sangat cocok untuk diterapkan oleh tim dengan pemain berukuran tubuh mungil, sebab mereka dapan bergerak dengan lebih lincah.

Lantas ketika kita berada di pihak yang bertahan bagaimana cara terbaik untuk mengantisipasi serangan fast break? Tidak ada cara yang cukup efisien untuk bertahan dari serangan fast break. Umumnya pemain melakukan pelanggaran terhadap lawan untuk menghentikan fast break. Namun bila tidak berhati-hati tentu saja cara ini justru bisa merugikan tim sendiri.

You Might Also Like

0 komentar