Biografi Jerry West : Pria dalam Logo NBA

09.11


Tahukah anda kalau sosok pria yang sedang mendribble bola basket dalam logo NBA bukanlah sembarang orang. Pria dibalik siluet tersebut diangkat dari sosok asli di dunia nyata. Siapakah sosok yang begitu fenomenal itu? Ternyata ia adalah Jerry West, mantan pemain dan pelatih NBA.

Jerry West ketika masih membela Lakers

Jerry Alan West lahir di Chelyan, Virginia Barat pada 28 Mei 1938. Ia merupakan anak kelima dari enam bersaudara keturunan Howard Steward West dan Cecil Sue West. Ia tumbuh sebagai bocah yang pemalu dan introvert. Di masa remajanya West sangat senang menghabiskan waktunya untuk berburu dan memancing. Selain itu ia juga sangat suka memainkan permainan menembakkan bola ke dalam ring yang dipaku oleh tetangganya di gudang penyimpanannya. Ia sangat menggemari permainan ini, mencoba menembakkan bola dari berbagai sisi dengan sudut yang variatif. West bermain sepanjang hari tanpa memperdulikan lumpur dan salju, bahkan cambukan dari ibunya kalau ia terlambat makan malam. West kecil sangat terobsesi dengan NBA. 

Pada draft 1960 West dipilih oleh Minneapolis Lakers pada urutan kedua overall. Di NBA ia bermain sebagai guard, padahal saat kuliah ia bermain sebagai forward. West membantu Lakers lolos playoff pada 1961 namun akhirnya disingkirkan oleh St. Louis Hawk. Musim berikutnya West mendapat lebih banyak jam terbang, ia tampil impresif dan announcer Lakers saat itu Chick Hearm menjulukinnya "Mr. Clutch" lantaran ia seringkali mencetak tembakan penting di penghujung pertandingan. Satu-satunya gelar juara NBA sebagai pemain diraihnya pada tahun 1972. Namun saat itu ia menyatakan bahwa ia bermain cukup buruk sepanjang ronde final dan keberhasilan tersebut lebih dikarenakan peran dari rekan-rekannya. 

Kobe Bryant dan Jerry West

West mengakhiri karirnya dengan torehan 14 kali All-Star, 12 kali masuk All-NBA Team, dan lima kali masuk All-Defensive Team. Total ia mencatatkan 25.192 poin, 6.238 assist, dan 5.366 rebound dalam 932 pertandingan. Artinya ia mampu mencetak rata-rata 27 ppg, 6,7 apg, dan 5,8 rpg. Pada 1979 West masuk ke dalam Hall of Fame dan empat tahun kemudian Lakers memensiunkan nomor punggung 44 milik West. Pada tahun 2008 ESPN mencantumkan West dalam daftar shooting guard terbaik sepanjang masa, ia berada di posisi ketiga. Setelah ia pensiun West ternyata justru mampu memberikan lebih banyak gelar kepada Lakers. Ia mempersembahkan 7 gelar juara sebagai eksekutif klub.

You Might Also Like

0 komentar