5 posisi pemain bola basket

16.58


Dalam Permainan bola basket, tiap regu bermain dengan lima orang pemain inti. Kelimanya bermain dengan posisi dan peran yang berbeda. Untuk itu mungkin perlu anda ketahui kelima posisi tersebut,


Derrick rose : Point Guard Bulls
1. Point Guard (PG): Tugasnya adalah membawa bola dan memberikan passing pada temannya.. Dia yang mengatur irama permainan timnya, apakah cepat atau lambat.. Biasa juga disebut playmaker.. Posisi ini biasanya dipegang oleh orang yang berbadan kecil tapi lincah dan jago mendribel..


Kobe Bryant : Shooting Guard Lakers
2. Shooting Guard (SG): Seperti namanya, SG adalah orang yang punya tugas untuk menembak bola dari jarak-jarak yang cukup jauh.. Dia harus cepat bergerak dan mencari posisi yang kosong untuk melepaskan tembakan.. Posisi ini biasanya dipegang oleh orang yang paling bagus akurasi shootingnya..
LeBron James : Small Forward Heat
3. Small Forward (SF): SF punya tugas mencetak angka.. Dengan kata lain seorang SF harus mampu menerobos pertahanan dan melakukan lay-up atau dunk, juga melakukan shoot dari jarak-jarak tertentu.. Posisi ini biasanya dipegang oleh orang yang punya tekhnik hebat dan jago mencetak angka..
Blake Griffin : Power Forward Clippers
4. Power Forward (PF): PF tugasnya adalah merebound bola.. Rebound sangat penting, jika dalam pertahanan, rebound penting agar bola tak kembali ke tangan musuh.. Jika dalam penyerangan, rebound penting untuk kembali menciptakan kesempatan membuat angka.. Biasanya posisi ini dipegang oleh orang yang lompatannya tinggi dan badannya cukup besar untuk beradu fisik..
Tim Duncan : Center Spurs
5. Center (C): C tugasnya di pertahanan dan penyerangan.. Pada pertahanan, ia harus mampu mengamankan ringnya dari tembakan jarak dekat seperti lay-up atau dunk musuh.. Pada penyerangan, C harus mampu melihat posisi teman-temannya dan memberikan umpan pada teman yang kosong (karena posisinya di tengah, sehingga mudah memberi umpan ke sisi manapun).. Selain itu dia pun harus kuat beradu fisik dengan musuh untuk mencetak angka di bawah ring.. Posisi ini biasanya dipegang oleh orang yang badannya paling tinggi dan besar..Posisi-posisi tersebut berurutan, jadi kalo bilang posisi 1, itu artinya PG, 2 artinya SG, dst..


You Might Also Like

14 komentar

  1. lho yg 5 posisi pemain basket tuh ngopi dr mn?

    BalasHapus
  2. Boby : Aku ngefans ama ni Blog! THX infonya!

    BalasHapus
  3. thnks dah bntu tgs ku

    BalasHapus
  4. thankzz bgt yawww........

    BalasHapus
  5. wah, keren artikelnya gan.
    bermanfaat banget

    BalasHapus
  6. Baru tau kalau gue small forward

    BalasHapus
  7. Kalo sixth man itu bisa semua posisi atau gimana?

    BalasHapus
  8. Benar sekali sdr Razaq, Sixth man itu adalah pemain cadangan yang bisanya memiliki minutes play yang hampir sama dengan starter. bisa PG, SG, PF, SF, atau C.

    BalasHapus
  9. Wah Derrick Rose dulu pemain favorit ane utk sektor PG, sayang sekarang cedera muluk

    Untuk posisi pemain basket combo guard itu maksudnya gimana ya?

    BalasHapus