Tom Thibodeau : 2011 NBA Coach of The Year

11.47

Pelatih Chicago Bulls Tom Thibedeau. Foto: Reuters
DEERFIELD - Chicago Bulls berhasil menjuarai Wilayah Timur NBA musim ini. Hasilnya, sang arsitek Tom Thibodeau didaulat sebagai pelatih terbaik untuk tahun ini.
Prestasi Bulls musim ini memang sangat luar biasa. Betapa tidak, tim berlambang banteng itu berhasil menyabet total 62 kemenangan dari 82 pertandingan NBA untuk reguler season, sehingga membuat tim ini berhasil menjuarai Wilayah Timur.
Untuk mendapatkan penghargaan sebagai pelatih terbaik NBA musim ini, Thibodeau mengalahkan Doug Collins. Pelatih kelahiran Connecticut tersebut, mengumpulkan 475 poin, unggul jauh dari Collins yang mengoleksi 210 poin.
"Setelah hampir satu tahun berada di tim ini, saya sadar betapa beruntung bisa bermain di sini. Ini adalah sebuah kota, fans organisasi dan pemain yang sangat luar biasa. Jika saya harus menunggu 20 tahun untuk pekerjaan ini, saya rasa cukup berharga," ungkap Thibodeau.
Ya, Thibodeau memang memulai karier di NBA sebagai asisten pelatih selama hampir dua dekade. Keputusan Bulls menunjuknya sebagai pengganti Vinny Del Negro yang dipecat bulan Juni, ternyata sangat tepat sekali.
Pasalnya, pelatih kelahiran 53 tahun tersebut berhasil membangun kekuatan baru Bulls. Akhirnya, dia berhasil membawa Bulls menyamai prestasi yang pernah dibuat pada era Michael Jordan dan Scottie Pippen.
"Saya merasa sangat beruntung mendapatkan pekerjaan hebat ini, bergabung bersama tim yang luar biasa. Saya tidak pernah ragu hal ini akan terjadi. Saya hanya harus bersabar. Saya sadar pekerjaan ini sangat sulit didapat," tandasnya dilansir Yahoosports, Senin (2/5/2011).
Dengan prestasinya ini, maka Thibodeau menjadi pelatih Bulls keempat yang berhasil menyabet penghargaan ini. Dia menyamai prestasi mantan arsitek macam Johnny Kerr (1967), Dick Motta (1971) dan Phil Jackson (1996).

You Might Also Like

0 komentar