Dallas Mavericks : 2011 NBA Champion

10.54

MIAMI--MICOM: Dallas Mavericks berhasil menuntaskan dendam mereka atas Miami Heat di final NBA. Setelah takluk dari Heat pada final NBA 2006, Mavericks berhasil membalasnya dengan menekuk Heat di final NBA musim ini. Unggul 4-2, Mavericks berhasil memperoleh cincin juara pertama mereka.

Kemenangan ini sangat berarti bagi forward asal Jerman Dirk Nowitzki yang pada final 2006 harus merasakan pahitnya kekalahan dari Heat. Didapuk sebagai kapten Mavericks pada final tersebut, Nowitzki tidak bisa berbuat banyak untuk timnya dan harus mengakui keunggulan Heat yang dipimpin oleh duet Dwyne Wade dan Shaquille O'Neal.

Namun kekalahan tersebut menjadi pelajaran berharga bagi Nowitzki yang menjadi andalan Mavericks. Setelah lima tahun berselang, kesempatan untuk membalas dengan kembali datang dan forward All Star tersebut kali ini tidak menyia-nyiakannya. Dengan dibantu oleh Jason Terry yang juga tampil di final 2006 lalu ditambah dengan point guard veteran Jason Kidd yang kembali lagi, Mavericks sukses menekuk wakil dari Timur tersebut.

Setelah kalah di game pertama di kandang Heat, Mavericks berhasil mencuri game kedua. Meski kembali kalah di game ketiga di kandang sendiri, skuat Rick Carlisle tersebut berhasil merebut dua game berikutnya sehingga berhasil unggul 3-2 dalam seri best of seven.

Keunggulan 3-2 inilah yang kemudian membuat Maverick tampil penuh semangat di game keenam yang kemabli digelar di kandang Heat. Keinginan untuk segera menuntaskan pertandingan membuat Mavericks seperti kesetanan meski harus tampil di kandang lawan.

Mavericks membuka kuarter pertama dengan keunggulan 31-27. Meski mampu dibalas Heat 24-21 di kuarter dua, Mavericks mampu menutup babak pertama dengan keunggulan tipsi 52-51.

Di babk kedua Mavericks kembali tampil menekan, kali ini bahkan tidak tanggung-tanggung. Lewat kerjasama tim dan pertahanan yang ketat, Mavericks berhasil unggul 28-21 di kuarter tiga sebelum menutup kuarter empat dengan 24-23 yang membuat mereka menang 105-95.

Jason Terry bangkit dari bangku cadangan untuk menjadi top skor Mavericks dengan 27 poin disusul Nowitzki dengan 21 poin 11 rebounds. Dibelakang keduanya, point guard cadangan JJ Berea menyumbang 15 poin.

Di kubu Heat, LebRon James memimpin dengan 21 poin disusul Crish Bosh dan Wade dengan masing-masing mengemas 19 dan 18 poin, yang sayangnya tidak bisa membatu tim mereka lolos dari kekalahan. Kemenangan ini membuat Mavericks untuk pertama kalinya merebut cincin juara.

You Might Also Like

0 komentar